CARA MEMPERCEPAT KINERJA PC/LAPTOP

Mengatasi Kinerja Komputer yang Lambat

Hai neter…………

udah lama jg nih ga update…. kali ini agak nyeleneh bahasannya yah itung itung bagi hasil eh salah ya bagi ilmu kali ya haha

saya yakin di antara neter pasti pernah atau sedang mengalai masalah yang satu ini…..(kok yakin sih emang situ siapa…heheheh)isa juga ya, mungkin lebih tepat kayanya.

berdasarkan pengalaman sendiri seiring berjalannya waktu {umur dari laptop/Pc) maka lambat laun timbul masalah dengan komputer anda, yang paling sering terjadi biasanya lambat baik waktu dihidupkan ataupun saat dipakai, komputer terasa berat , bagaimana solusinya?

Adapun menurut sumber yang saya dapat bahwa komputer itu perlu peningkatan baik dari sisi hardware dan software.

Nah Lhoooooooooooo……………ber arti harus ganti yg baru dong……..jangan panik dulu sebelum neter merogoh kantong ada baiknya coba solusi lain….ada banyak solusi dan tutor yang di bagikan oleh para mastah yang berbaik hati…..(catatan Saya bukan salah satunya ya hehehe)

Berikut Tips sederhana yang mungkin bisa kita gunakan pada komputer yang berbasis windows, semoga ada pengaruhnya (DWYOR/klo rusak  tanggung sendiri).

Tingkatkan software anda,otak atik dikit (kata iklan ga belajar kalau ga kotor)

langkahnya sebagai berikut :

1. Klik Start > Run > ketik Regedit

2. Klik hkey current user > control panel > desktop > di bagian kanan cari “menu show delay” kemudian ubah valuenya menjadi 0 (untuk merubah klik kanan pada menu sho delay)

3. klik Start > Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Device Manager > IDE ATAPI Controllers.Klik Ganda pada Primary IDE Channel.kemudian klik tab Advance Settings, Pastikan Transfer Modenya diset pada “DMA if Available” untuk kedua Device 0 dan Device 1. Lakukan hal serupa pada Secondary IDE Channel.

4. Uninstall  program atau aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

5. Jalankan disk defragmenter yang biasanya ada di menu Accessories. Klik START > All Program > Accessories > System Tools pilih defrag. Juga jalankan disk clean Up. Anda juga bisa menggunakan software seperti tune-up utilities.

6. Ubah Virtual Memory. Klik Start > klik kanan pada My Computer > pilih Properties pilih tab advanced > performance > settings > pilih Advanced > virtual memory > change > pada initial size dan Maximum size ganti dengan nilai yang lebih besar dan sama pada keduanya.

7. Ubah Visual Effect. Klik Start > klik kanan pada My Computer > pilih Properties > pilih tab advanced > performance > settings > Visual Effects > pilih Adjust For Best Performance.

8. Hapus isi folder prefetch . Klik Start > Run > ketik prefetch > ctrl A dan delete.

9. Jalankan cek disk. Caranya klik Start > Run > ketik cmd > ketikkan chkdsk/f

10. Restart Komputer Anda

Silahkan neter bandingkan dengan perporma sebelumnya…..

Ok sekian dulu ya neter semoga bermanfaat…………

Advertisements